Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra menilai Asmawa Tosepu telah meninggalkan legacy atau warisan yang fenomenal di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat serah terima jabatan Penjabat Bupati Bogor di Cibinong, Jumat, Suryanto menyatakan bahwa sejak awal menjabat Pj Bupati Bogor pada 30 Desember 2023, Asmawa Tosepu telah banyak membuat gebrakan.

"Legacy yang ditinggalkan sangat fenomenal, banyak kebijakan yang luar biasa, dan ini menjadi modal bagi kami," kata Suryanto.

Legacy tersebut berupa penataan kawasan wisata Puncak. Pemerintah Kabupaten Bogor di bawah kepemimpinan Asmawa Tosepu melakukan penataan diawali dengan pemindahan PKL ke Rest Area Gunung Mas pada 24 Juli 2024.

Pada penertiban lapak pedagang ini, Pemkab Bogor meratakan 329 bangunan di sepanjang Jalur Puncak, terdiri dari 185 bangunan dari Gantole hingga Rest Area Gunung Mas, dan 144 bangunan dari Simpang Taman Safari Indonesia hingga Rest Area Gunung Mas.

Kemudian, pada penertiban tahap II ada sebanyak 196 PKL yang akan dipindah ke rest area dengan cara penertiban lapak-lapaknya di sepanjang jalur Puncak.

"Tentunya (penataan kawasan wisata Puncak) ini belum selesai masih kita lakukan pembenahan pembenahan selanjutnya," kata Suryanto.
Kemudian, kata dia, Asmawa Tosepu juga berhasil menekan konflik angkutan khusus tambang di wilayah Parungpanjang, salah satunya dengan merampungkan penyediaan kantung parkir truk tambang.

Menurut dia ada hal penting lainnya yang telah diwacanakan Asmawa Tosepu namun belum sempat terlaksana, yakni berdialog dengan para budayawan untuk menggali dan mengedepankan identitas budaya lokal.

"Bapak meminta kami berkumpul untuk membahas asal muasal Bogor. Bapak mengundang para budayawan untuk mencari ciri khas Kabupaten Bogor, insyaallah kami laksanakan," ujar Suryanto.

Sementara, Asmawa Tosepu menyebutkan bahwa segala keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam kurun sembilan bulan ia memimpin, merupakan hasil dari kerja sama tim.

Ia berharap, Penjabat Bupati Bogor yang baru dapat melanjutkan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Bogor.

"Karena hari ini adalah eranya kolaborasi, tidak ada satu pihak pun yang bisa mencapai keberhasilan dengan hanya dirinya sendiri tapi harus butuh dukungan dari orang lain," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Dalam Negeri RI Bachril Bakri dilantik menjadi Penjabat Bupati Bogor menggantikan Asmawa Tosepu yang merupakan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri RI.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024