Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyebutkan ruang terbuka hijau yang dikelola sejak beberapa tahun terakhir saat ini telah memproduksi ribuan bibit tanaman baru.

"Ada berbagai jenis bibit tanaman baru yang dihasilkan," kata Kabid Pengendalian Pencemaran dan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang Dede Pramiadi di Karawang, Minggu.

Bibit tanaman itu, di antaranya tabebuya kuning, tabebuya putih, albasiah, ketapang biola, durian, akasia, mahoni, bakau, jamblang, dan mangga.

Selain itu, bibit tanaman daun salam, mindi, merbau, buni keraton, cendana, ketapang keriting, ketapang kencana, sirsak, nanas, dan cabai.

Dia menyebut saat ini ruang terbuka hijau tersebut telah menghasilkan lebih dari 2.800 bibit tanaman dari 20 jenis.

"Bibit-bibit ini tersedia untuk masyarakat yang mengajukan permohonan ke kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang," katanya.

Selain memproduksi bibit beragam jenis tanaman, katanya, ruang terbuka hijau yang berlokasi di pinggir Jalan Lingkar Bypass Karawang itu juga memproduksi media tanam dari daun tanaman kering.

Di tengah keberhasilan memproduksi bibit beragam jenis tanaman, pengelola ruang terbuka hijau tersebut saat ini dihadapkan perilaku pencurian.

"Pada malam hari seringkali ada pencurian buah di area blok buah-buahan," katanya.


 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024