Pebulu tangkis ganda campuran Jawa Barat (Jabar) Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela bangkit dari ketertinggalan untuk mencuri medali emas pertama bulu tangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Rafi/Farica meraih emas setelah sempat tertinggal 16-21 dari pasangan Jawa Tengah (Jateng) Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana di gim pertama.

Mereka hampir menyerah dua gim dari Owen/Bernadine yang hampir kembali merebut gim kedua. Namun, Rafi/Farica pantang menyerah
guna merebut gim kedua yang berjalan ketat dengan skor 25-23, membuat pertandingan dilanjutkan ke gim ketiga.

Di gim penentuan ini, stamina Owen/Bernadine menurun. Hal ini dimanfaatkan oleh Rafi/Farica untuk tanpa ampun mengalahkan wakil Jateng tersebut dengan skor 21-11.

Ketika ditemui awak media setelah pertandingan, Rafi/Farica menyebut medali emas ini adalah rezeki.

"Ya kuncinya kita rapih aja mainnya ya soalnya mereka tenaganya pada kuat-kuat. Cuman di set kedua mereka keliatan habis jadi kita tahan-tahanin aja," kata Rafi.

"Nah di situ mereka mulai jorok-jorok, dan set kedua kan deuce deuce-an kita belajar lebih tenang lagi aja. Akhirnya memang rezeki kita. Set ketiga saya percaya diri karena sananya udah habis," tambahnya.

Farica menambahkan, kemenangan yang diraih dalam waktu 1 jam 32 menit ini adalah berkat perang "stamina". Menurutnya, siapa yang lebih kuat bermain lama, mereka yang menang.

"Kalau buat aku itu sama-sama bagus. Permainan juga yang lama. Siapa yang mau lebih kuat Itu yang menang," kata Farica.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jabar bangkit untuk curi emas pertama bulu tangkis PON 2024

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024