Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan berbagai promosi wisata bersama pelaku usaha di Cianjur guna meningkatkan angka kunjungan sekitar 2 juta orang sepanjang tahun 2024 salah satunya mendukung kegiatan wisata olahraga lari.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Selasa, mengatakan berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan angka kunjungan sehingga perekonomian Cianjur terus meningkat termasuk dengan menggelar kalender kegiatan tahunan.

"Salah satunya kegiatan wisata olahraga lari yang digelar salah satu hotel di kawasan Cipanas yang akan digelar bulan depan, dimana peserta yang datang ditargetkan lebih dari 5.000 orang," katanya.

Jalur wisata lari sejauh 8 kilometer itu, akan melalui sejumlah destinasi wisata yang ada termasuk mempromosikan destinasi wisata alam pegunungan dan air terjun yang ada di kawasan Puncak-Cipanas, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta terutama dari luar kota.

Ajang bergengsi tersebut akan masuk dalam kalender kegiatan tahunan Pemkab Cianjur, sehingga dapat mendorong tingginya tingkat hunian hotel dan ramainya obyek wisata yang ada, termasuk dalam kegiatan tersebut pihaknya meminta pihak hotel melibatkan pelaku UMKM.

"Kami optimis dengan jalur lari yang tersedia menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta dan tentunya mereka dari luar kota akan memenuhi kamar hotel yang ada di kawasan tersebut, serta berbelanja produk unggulan dari pelaku UMKM," katanya.

Dia menjelaskan pemerintah daerah akan terus bekerja sama dan mendukung kegiatan pelaku usaha berbagai bidang dalam meningkatkan angka kunjungan ke Cianjur, sehingga target 2 juta wisatawan dapat tercapai sebelum akhir tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Asep Suparman, mengatakan untuk mendongkrak angka kunjungan wisata pihaknya kerap menjalin kerjasama dengan pelaku usaha terutama bidang pariwisata mulai dari hotel, restoran hingga pengelola tempat wisata. 

"Kami mendukung setiap kegiatan yang digelar pelaku usaha bidang pariwisata termasuk salah satu hotel yang akan menggelar wisata olahraga lari sejauh 8 kilometer dengan jalur menantang disuguhi pemandangan alam pegunungan," katanya.   
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024