Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih membutuhkan tiga rumah sakit untuk melayani sekitar 2,6 juta masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Cianjur, sehingga peluang investasi bidang kesehatan terbuka luas.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Senin, mengatakan saat ini jumlah rumah sakit swasta di Cianjur bertambah menjadi dua setelah RSDH Cianjur, dilanjutkan dengan RS Edelweis Bentang Salapan yang terletak di Jalan Raya Bandung-Cianjur.

Baca juga: Pemkab Cianjur pastikan pembangunan RS internasional tuntas akhir tahun 2024

"Hari ini saya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cianjur, meresmikan rumah sakit swasta kedua di Cianjur, di mana keberadaan rumah sakit tersebut dapat melayani ratusan pasien rawat inap," katanya.

Dia menjelaskan dengan jumlah masyarakat yang mencapai 2,6 juta idealnya ketersediaan tempat tidur pasien di Cianjur sekitar 2.600 kasur, sedangkan saat ini dengan penambahan satu rumah sakit swasta kasur yang tersedia baru 1.100 kasur.

Hingga saat ini Cianjur masih membutuhkan sekitar 1.500 kasur untuk ruang rawat inap untuk tiga rumah sakit tambahan, sehingga pihaknya membuka peluang bagi investor yang ingin berinvestasi di bidang kesehatan terbuka luas di Cianjur.

"Kami membutuhkan tiga rumah sakit lagi yang dua lokasinya bisa di Jalan Raya Cianjur selatan, satu di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi tepatnya di Kecamatan Gekbrong," katanya.

Pihaknya sudah menyiapkan berbagai kemudahan bagi investor yang akan menanamkan investasi di Cianjur, salah satunya insentif pajak yang sudah diatur di Perda serta jaminan keamanan dan kenyamanan berinvestasi.

"Silahkan bagi investor yang akan berinvestasi di Cianjur dapat datang langsung kami akan mengarahkan ke lokasi yang layak untuk di bangun rumah sakit," katanya.
Direktur RS Edelweis Bentang Salapan Cianjur, dr Ratih Rustiati, mengatakan rumah sakit yang dikelola dengan konsep mall dengan harga terjangkau melayani masyarakat mulai dari sebelum sakit dengan medical checkup, hingga operasi.

"Masyarakat Cianjur dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dengan berbagai dokter spesialisasi seperti penyakit dalam, kebidanan, anak, bedah, mata, jantung, saraf, dan gigi," katanya.

Dia menjelaskan di rumah sakit tersebut terdapat 147 tempat tidur dengan 25 poliklinik dan empat layanan unggulan siap memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat Cianjur dan sekitarnya.

Baca juga: Kemenkes dukung RSUD Sayang Cianjur jadi bertaraf internasional

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024