Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kuningan, Jawa Barat, mendistribusikan 8.000 liter air bersih untuk membantu warga di daerahnya yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau.
 
“Kami sudah mengerahkan dua mobil tangki air dengan kapasitas 8.000 liter, untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di Kecamatan Garangwangi,” kata Kepala Satlantas Polres Kuningan AKP Sigit Suhartanto di Kuningan, Jumat.

Baca juga: Polres Kuningan beri sanksi tegas bagi pelaku judi online
 
Menurut Sigit, kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan saat ini telah mempersulit warga untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.
 
Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu mengambil inisiatif untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan dengan menyalurkan air bersih.  
 
Ia mengatakan Satlantas Polres Kuningan juga melibatkan sejumlah instansi, khususnya Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) setempat dalam kegiatan pendistribusian bantuan air bersih.  
 
“Bantuan ini diberikan sebagai respons atas kondisi krisis air bersih yang dialami warga di kecamatan tersebut,” ujarnya.  
 
Sigit menyampaikan dengan bantuan ini, diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat untuk beberapa hari ke depan.  
 
Namun demikian, Satlantas Polres Kuningan memastikan akan terus memantau situasi di lapangan dan siap memberikan bantuan lebih lanjut jika diperlukan. 
 
“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak kekeringan. Kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban mereka,” tuturnya.  
 
Lebih lanjut Sigit menambahkan kegiatan tersebut menjadi bagian dari program bakti sosial dari Polres Kuningan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya di bidang lalu lintas, tetapi juga dalam bidang kemanusiaan.
 
"Kami selalu berupaya hadir di tengah masyarakat, terutama ketika mereka sedang membutuhkan bantuan,” katanya.
 
Sementara itu salah satu warga di Kecamatan Garangwangi yakni Solihati (55) mengatakan bahwa bantuan ini sangat berarti bagi dirinya, karena sudah beberapa minggu keluarganya mengalami kesulitan air bersih.
 
Ia mengungkapkan masyarakat juga menyambut baik bantuan air bersih yang disalurkan oleh Satlantas Polres Kuningan. Sebab, dalam beberapa hari ke depan mereka bisa mencukupi kebutuhan air bersih yang digunakan untuk berbagai keperluan.
 
“Kami merasa bersyukur karena sudah mendapatkan bantuan ini, terutama di saat-saat krisis seperti ini yang kami alami karena sulit mendapatkan air bersih,” ujar dia.

Baca juga: 265 kendaraan terjaring operasi KTMDU Polres Kuningan

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024