Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membentuk tim Desk Pilkada untuk mewujudkan pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Bandung berjalan lancar dan kondusif.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan pembentukan Desk Pilkada tersebut berfungsi sebagai pusat pengumpulan dan pembaruan data secara cepat mengenai Pilkada 2024.

“Fasilitas ini juga akan digunakan sebagai sarana diskusi dan evaluasi harian, sehingga langkah antisipatif dapat segera diambil jika diperlukan,” kata Bambang di Bandung, Selasa.

Bambang mengatakan saat ini Pemkot Bandung beserta seluruh jajaran pemangku kepentingan yang bertanggungjawab telah mulai melakukan antisipasi untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak ini.

"Kami perlu menanggapi perubahan ini dengan cepat dan tepat. Selain itu, tahapan-tahapan lainnya juga akan diantisipasi agar tidak ada hambatan dalam proses Pilkada," katanya.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, kata Bambang, pihaknya berharap Pilkada yang berlangsung 27 November 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa Kota Bandung ke arah yang lebih akseleratif dan kondusif.

Menurutnya, kesuksesan pelaksanaan Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan penyelenggara pemilu, melainkan juga menjadi tanggung jawab masyarakat secara penuh dalam berperan aktif menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing.

“Pemerintah kota sangat mendukung untuk menyelenggarakan Pilkada tanggal 27 November akan datang, begitu juga dengan semua organisasi kemasyarakatan, semua partai politik dan semua elemen masyarakat untuk menyelenggarakan secara damai,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, Pemerintah Kota Bandung telah menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 bisa mencapai 90 persen.

“Hari ini kita mempunyai sebuah keinginan bahwa angka partisipasi pemilihan di Pilkada pada 27 November yang akan datang bisa di atas 90 persen,” kata Bambang.

Ia mengatakan dengan berbagai sosialisasi dan edukasi yang telah dilaksanakan pemerintah kota bersama penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu.

"Hak pilih ini sangat signifikan. Pasangan calon yang nantinya akan berkompetisi adalah individu-individu terbaik yang bisa membawa Kota Bandung ke arah yang lebih baik dan membanggakan warganya," kata dia.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024