Sejumlah atlet lari nasional yakni Iqbal Saputra, Robi Syianturi, atlet jalan cepat Hendro YAP, atlet marathon Welman Pasaribu dan atlet triathlon Jauhari Johan turut serta dalam Bandung Marathon 2024 yang digelar pada Sabtu hingga Minggu (20-21 Juli 2024).

Para atlet tersebut terlibat dalam ajang yang juga disebut dengan Pocari Sweat Run Bandung 2024, dibawa oleh ASICS Indonesia, sebagai official footwear sponsor lomba lari marathon tersebut, dengan menghidupkan inisiatif Move Your Mind.

Robi Syianturi yang pernah memecahkan rekor nasional half marathon di Gold Coast, Australia, dalam keterangan di Bandung, Sabtu, menyebutkan langkah yang diinisiasi dalam Bandung Marathon ini memang akan berdampak luas untuk berolahraga, khususnya atletik.

"Saya percaya tujuan positif yang dibawa ASICS di Bandung dapat semakin menyadarkan dan menggerakkan lebih banyak orang untuk berolahraga," ujar Robi.

Pasalnya, kata Robi, dia juga mulai meniti karir sebagai atlet, bermula dengan kerap mengikuti ajang semacam ini, sehingga masuk klub lari hingga ke profesional.

"Kegiatan ini sangat bagus karena saya salah satu orang yang ditemukan di jalan. Pertama kali saya menjadi atlet itu di ajang semacam ini, masuk ke klub lari, beralih ke nomor track. Setelah terus berlatih barulah diarahkan marathon," kata Robi.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil lepas 27.000 pelari dari Gedung Sate
Baca juga: 18.000 peserta ikuti Pocari Sweat Run Indonesia 2022 di Bandung
Presiden Direktur ASICS Indonesia, Sota Fukushima, mengatakan pihaknya antusias memberikan dukungan karena ajang lari Bandung Marathon ini memiliki kesamaan dengan misi perusahaannya.

"Ini sejalan dengan misi kami yakni Sound Mind Sound Body, yang fokus untuk mendukung semua orang untuk berolahraga," ujar Sota Fukushima.

Menurutnya, tahun ini menjadi kali ke empat pihaknya memberikan dukungan dalam ajang Bandung Marathon untuk menghidupkan inisiatif Move Your Mind.

Sehari sebelum acara berlangsung, mereka melalui ASICS Running Club (ARC) berkolaborasi dengan komunitas lari di Bandung seperti Yumaju dan Fieldway Moveclub untuk menyelenggarakan Shake-out Run.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para pelari, baik pemula maupun profesional merasakan semangat kebersamaan dan menjalankan persiapan optimal menjelang lomba.

Pewarta: RPY

Editor : Ricky Prayoga


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024