Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menetapkan arah pembangunan ke depan menyesuaikan dengan rencana pembangunan Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika di Cibinong, Rabu, mengungkapkan Kabupaten Bogor menjadi salah satu wilayah aglomerasi DKJ, selain Kota Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur.

"Karena bagaimanapun orang-orang yang tinggal di kota-kota satelit itu, banyak bekerja maupun berbisnis di Jakarta. Jadi kita arahkan pembangunannya agar masyarakat lebih mudah dalam menjangkau Jakarta," ujarnya.

Ajat menerangkan meski tidak lagi berstatus Ibu Kota Negara, Jakarta akan menjadi kota global yang terkoneksi dengan perekonomian dan mobilitas dunia lewat bandara maupun pelabuhan besar.

Salah satu yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor yaitu membangun Jalan Bojonggede - Kemang (Bomang) akan terhubung dengan Jalan Tegar Beriman dan Jalan Raya Parung.

"Kita juga sedang rancang agar ada kendaraan semacam bus, di wilayah Bogor Barat, agar masyarakat lebih mudah menjangkau Stasiun Parungpanjang, sebagai magnet pergerakan orang ke Jakarta," tuturnya.



 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024