Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, memanen 1,2 ton padi dengan kandungan zinc tinggi bernama Nutrizinc, di Kebun Penelitian Tanaman Padi, Kelurahan Pasirjaya, Kota Bogor.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari di Kota Bogor, Jumat, mengatakan padi Nutrizinc ini merupakan inovasi hasil kolaborasi antara Pemkot Bogor dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian (Kementan).

“Sekarang mungkin baru (di tanam di sawah) 2.000 meter persegi, panennya baru 1,2 ton. Mungkin ke depan akan kami sosialisasikan untuk ditanam lebih luas lagi, sehingga menghasilkan lebih banyak lagi,” kata Hery.

Ia menjelaskan, padi Nutrizinc yang sudah menjadi beras memiliki kandungan zinc hampir dua kali lipat dibandingkan dengan padi biasa, sehingga  potensi kandungan zinc ini sangat relevan dengan program pemerintah pusat dan Pemkot Bogor dalam mengentaskan stunting.

“Karena anak-anak yang mengonsumsi padi (beras) varietas Nutrizinc ini akan mendapatkan banyak manfaat dari zinc. Mulai dari kulit, tulang, rambut, antibodi, kognitifnya juga karena manfaat zinc untuk itu semua,” jelasnya.

Hery berharap, Kementan bisa terus mendukung Pemkot Bogor dengan terus mengembangkan varietas padi Nutrizinc.

“Saya berharap Kementan bisa terus men-support Pemkot untuk bisa mengembangkan ini terus dan Kota Bogor siap menjadi laboratorium pengembangan lebih lanjut,” ucapnya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Bogor panen 1,2 ton padi Nutrizinc di Pasirjaya

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024