Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memborong berbagai jenis produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Galeri Menong atau sentra oleh-oleh dan kerajinan khas Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Kita jangan cuma bangga dan bela. Kita bangga buatan Indonesia, bela produk UMKM. Jangan hanya itu, tidak akan ada artinya kalau tidak beli. Jadi sekarang saya lagi kampanye, bangga, bela, beli (produk UMKM). Maka saya borong nih produk UMKM," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengakhiri dialog interaktif bersama para pelaku UMKM di Purwakarta, Jumat.

Mendag mengajak para pejabat dan masyarakat untuk membeli produk UMKM, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan sektor UMKM di tanah air.

"Saya ke sini (Purwakarta) sebenarnya ingin mendengar. Katanya Galeri Menong ini masih banyak yang harus dilakukan, karena omzet masih sedikit. Saya nggak pidato, saya mendengar saja apa kira-kira keluhan dari bapak/ibu semua. Mumpung ada bupatinya juga, dan semoga nanti ada jalan keluarnya," kata dia.

Dalam dialog interaktif itu, seorang perajin kue simping di Purwakarta, Siti Halimah mengeluhkan persoalan bahan baku yang terkadang sulit diperoleh. Karena itu ia berharap pemerintah bersedia memfasilitasi ketersediaan bahan baku para perajin kue simping di Purwakarta.

"Bahan baku kita (perajin kue simping Purwakarta) menggunakan tepung tapioka produk Lampung. Harus menggunakan produk itu, kalau tidak, hasilnya kurang bagus," kata dia.

Seorang pelaku UMKM lainnya, Titin Martini menyampaikan keluhan terkait dengan pemasaran. Sebab sebenarnya produk UMKM Purwakarta sudah mampu bersaing, baik di kancah nasional maupun global.

Namun masih terkendala dalam pemasaran. Karena itu ia meminta pemerintah turut membantu dan mendorong agar produk UMKM Purwakarta bisa lebih dikenal masyarakat luas.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag borong berbagai jenis produk UMKM Purwakarta di Galeri Menong

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024