Masyarakat di Desa Bodelor Kabupaten Cirebon Jawa Barat mempertahankan tradisi pemotongan hewan kurban secara massal di satu titik, untuk memeriahkan suasana perayaan Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi di daerah tersebut.
 
“Tradisi pemotongan hewan kurban serentak ini setiap tahun dilakukan di Masjid Besar Mu'tamarul Huda Bodelor. Tahun ini kami menyembelih 109 ekor hewan kurban,” kata Ketua Panitia Kurban Masjid Besar Mu'tamarul Huda Jeje di Cirebon, Senin.
 
Jeje menjelaskan, jumlah hewan kurban yang disembelih massal ini terdiri dari 33 sapi, serta 76 kambing milik masyarakat setempat.
 
Dari jumlah itu, katanya, pihaknya bisa memperoleh sebanyak 2.000 paket daging kurban untuk kemudian disalurkan kepada kepala keluarga yang berhak menerimanya.
 
"Kami sangat bersyukur dengan jumlah hewan kurban yang banyak ini. Ini menunjukkan kebersamaan dan gotong royong warga kami," ujarnya.
 
Menurut dia, tujuan dari tradisi ini adalah untuk membangun rasa kebersamaan agar semua lapisan masyarakat di desanya bisa merasakan kebahagiaan Idul Adha.
 
“Perayaan Idul Adha tidak hanya menjadi ajang ibadah, tetapi juga simbol persatuan dan solidaritas umat Muslim di Kabupaten Cirebon, khususnya di desa kami,” katanya.
 
Ia menjelaskan, tradisi ini sudah ada sejak lama, tepatnya sekitar tahun 1990-an, saat pihak masjid menggagas program tabungan kurban.
 
Jeje menyebutkan, dalam program tersebut masyarakat diajak untuk berpartisipasi menyumbang hewan kurban, yang nantinya bisa diserahkan bagi keluarga tidak mampu.
 
Seiring berjalannya waktu, lanjut dia, masyarakat sangat antusias mengikuti program tersebut yang membuat Desa Bodelor menjadi daerah penyumbang daging kurban terbanyak di Kabupaten Cirebon setiap tahunnya.
 
“Akhirnya dari tradisi ini, kami bisa membantu lebih banyak warga yang berhak menerima daging kurban,” ujarnya.
 
Pihaknya berharap tradisi ini bisa terus berjalan pada tahun depan, serta bisa mengajak lebih banyak warga untuk menyumbang hewan kurban.
 
Sementara itu Penjabat Bupati Cirebon Wahyu Mijaya menyampaikan ketersediaan hewan kurban di wilayahnya pada Idul Adha tahun ini mengalami surplus. Misalnya ternak sapi yang berjumlah 4.200 ekor dengan kebutuhan sebanyak 1.200 ekor.
 
Selain sapi, ia menambahkan bahwa ketersediaan domba dan kambing di Cirebon untuk dijadikan hewan kurban selalu cukup dengan jumlah sebanyak 61 ribu ekor. Sedangkan permintaannya sekitar 5.600 ekor.
 
“Sehingga jika melihat data tersebut, maka sudah bisa dikatakan surplus. Kami pastikan juga hewan kurban ini dalam kondisi sehat dan layak dikurbankan,” katanya.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024