Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat membagikan ribuan paket daging kurban untuk warga tidak mampu di sejumlah kecamatan termasuk bagi warga penyintas gempa yang masih tinggal di hunian darurat.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Senin, mengatakan tahun ini Pemkab Cianjur memotong empat ekor sapi dan 12 ekor kambing yang diserahkan kepada pengurus Masjid Agung Cianjur bersama puluhan ekor sapi dan seratus lebih kambing dari warga yang berkurban.

"Disatukan dengan hewan dari warga yang berkurban melalui pengurus Masjid Agung Cianjur, di mana sekitar seribu lebih paket daging sapi dan kambing dibagikan untuk warga dari kalangan tidak mampu termasuk penyintas gempa," katanya.

Pihaknya mencatat sekitar 1.460 orang penyintas gempa di kecamatan terdampak masih tinggal di hunian darurat karena masih menunggu pencairan bantuan stimulan tahap IV yang diperkirakan akan diterima dalam beberapa hari ke depan.

Pasalnya, ungkap dia, pencarian bantuan tahap IV diprioritaskan bagi penyintas yang masih tinggal di hunian darurat, termasuk pembagian paket daging kurban yang disembelih dari Pemkab Cianjur guna meringankan beban mereka.

"Kita akan sebar ke sejumlah kecamatan seperti Warungkondang, Cugenang dan Pacet, dengan harapan dapat berbagi dan meringankan beban penyintas dan warga dari kalangan tidak mampu," katanya.

Sedangkan secara pribadi Herman juga memotong hewan kurban di kampung halamannya di Kecamatan Cugenang, di mana paket daging kurban dibagikan untuk warga sekitar dan penyintas gempa yang masih tinggal di hunian darurat yang tersisa beberapa belas kepala keluarga.

"Idul Adha mengajarkan banyak bagi kita, semoga kita terus belajar meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui hewan kurban yang dibagikan ini," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024