Pakar penyembelihan halal dari IPB University Dr. drh. Supratikno, M.Si, PAVet mengungkap salah satu sebab daging hewan kurban seperti kambing atau sapi menjadi alot ketika dimasak karena langsung dimasukkan ke dalam lemari pembeku atau "freezer".

"Enggak boleh langsung ke 'freezer', harus masuk ke kulkas bawah semalaman baru besoknya dipindah ke 'freezer'. Kalau daging segar langsung masuk ke 'freezer' nanti dimasak alot," kata Kepala Divisi Penyembelihan Halal dari Halal Science Center IPB University itu dalam seminar daring di Jakarta, Senin.

Supratikno kemudian menuturkan lebih lanjut terkait kiat membekukan daging kurban. Yakni dimulai dari memastikan tidak mencuci daging dulu kecuali ketika akan dimasak.

"Jika bersih, daging tidak perlu dicuci pada saat akan disimpan. Jika terdapat kotoran, daging dapat disayat dan dibuang pada bagian yang kotor," kata dia.

Apabila kotoran menyebar dan terpaksa harus dicuci, kata dia, maka pastikan daging dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan tisu dapur. Hal ini dilakukan demi mencegah daging menjadi bau.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ini sebab daging hewan kurban alot

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024