Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini," kata Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, usai menghadiri rapat terbatas terkait Upacara HUT Ke-79 RI.

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sejumlah tamu negara yang rencananya diundang hadir ke IKN, di antaranya sejumlah duta besar negara sahabat.

"Duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap, jadi langsung upacara terus balik," katanya.

Sedangkan Upacara HUT K-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Dalam rapat tersebut, Muhadjir mengatakan Presiden Jokowi mengusulkan agar undangan kepada sejumlah tokoh nasional, seperti mantan presiden dan wakil presiden diberikan perhatian khusus.

"Itu tadi masih diusulkan, Pak Presiden merekomendasikan pokoknya tokoh-tokoh dapat perhatian, apakah di sini atau di IKN," katanya.

Muhadjir menambahkan rapat yang menghadirkan sejumlah perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta pemangku kepentingan terkait juga membahas seputar perhelatan hiburan yang akan difasilitasi Sekretariat Negara (Setneg) secara hybrid (dalam jaringan dan luar jaringan).




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko PMK: Upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN dan Istana Jakarta

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024