Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar edukasi penanganan kekeringan sebagai mitigasi bencana alam hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Ade Hasrat di Jonggol, Rabu, mengungkapkan dalam kegiatan mitigasi bencana kali ini BPBD bekerja sama dengan pemasok air setempat untuk mengembangkan rencana konservasi air.

"Melalui penggunaan sumur resapan, memperhatikan penggunaan lahan pribadi dengan mempertimbangkan konservasi air," ungkap Ade Hasrat.

Pada kegiatan edukasi tersebut, BPBD Kabupaten Bogor juga menyampaikan perencanaan dan pengelolaan penyimpanan air di dalam wadah besar dalam jangka waktu lama.

Menurut dia, upaya menampung air hujan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, memastikan kebersihan air yang ditampung atau disimpan, serta membudayakan penanaman sayur dan buah yang tahan cuaca kemarau.

BPBD Kabupaten Bogor juga melakukan edukasi mengenai konsep TRAP (Tampung, Resapkan, Alirkan dan Pelihara) serta mengelola sumber air bersih dan tempat penampungan air baik itu waduk, embung, dan lainnya.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024