Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan langkah mendatangkan pemain sepak bola keturunan Indonesia yang berada di luar negeri (diaspora) telah memberikan dampak positif bagi pencapaian Timnas Indonesia.

"Kami melihat bahwa pemain diaspora ini memberikan dampak positif, baik dari sisi pencapaian di Piala Asia 2024 yang lolos ke babak 16 besar dan Piala Asia U-23 di mana kita masuk di jajaran empat besar," ujar Dito melalui akun instagram pribadi: @ditoariotedjo yang dikutip di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan hasil evaluasi Kemenpora terhadap dampak kehadiran pemain sepak bola diaspora terhadap performa Timnas Indonesia.

Beberapa pemain diaspora terbaru yang telah bermain bersama Timnas Indonesia seperti Thom Haye, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On.

Jumlah pemain diaspora bakal bertambah lagi sebanyak tiga orang yaitu Marteen Paes yang telah mengambil sumpah menjadi warga negara Indonesia serta naturalisasi terhadap Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven yang sudah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpora sebut pemain sepak bola diaspora berdampak positif bagi timnas

Pewarta: Aloysius Lewokeda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024