Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Senin (3/6). Di antaranya, 12 santri sesak nafas akibat kebakaran pesantren Babun Najah Aceh hingga BMKG sebut potensi hujan masih tinggi meski masuk musim kemarau.  
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
 
12 santri sesak nafas akibat kebakaran pesantren Babun Najah Aceh
 
Sebanyak 12 santri mengalami sesak nafas akibat musibah kebakaran yang melanda pesantren Babun Najah Pimpinan Muhammad Ismi (Abu Madinah) di Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.
 
"Dari kebakaran ini didapati korban 12 orang dengan status sesak nafas," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh M Hidayat di Banda Aceh, Senin.
 
 
Selengkapnya baca di sini 
 
 
Menhan Prabowo bangun pipa air atasi kekeringan di Gunungkidul
 
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membantu warga mengatasi kekeringan di wilayah Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan membangun pipa saluran air untuk warga.
 
Dalam siaran pers resmi Kementerian Pertahanan, disebutkan bahwa terdapat 16 titik sumber air yang ada di wilayah Gunung Kidul. Ke-16 titik air itu nantinya disambungkan dengan pipa yang dibangun oleh Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan (Unhan).
 
 
Selengkapnya baca di sini
 

Kemenag terbitkan juknis pembayaran dam haji, mulai dari 580 riyal
 
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal PHU Nomor 04 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran Dam/Hadyu Tahun 1445 Hijriah/2024.
 
Kemenag mengatur pembayaran dam melalui dua Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yakni RPH Al Ukaisyiyah sebesar 580 riyal Arab Saudi dan RPH Adhadi sebesar 720 riyal Arab Saudi.
 
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
34 WNI pemegang visa non haji dideportasi
 
Sebanyak 34 dari 37 Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditangkap aparat keamanan Arab Saudi karena kedapatan menggunakan visa non haji dipulangkan ke tanah air, sementara tiga orang lainnya akan diproses secara hukum.
 
 
 
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
BMKG sebut potensi hujan masih tinggi meski masuk musim kemarau
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia masih tinggi hingga akhir tahun ini atau setidaknya hingga bulan September meskipun juga sudah mulai memasuki musim kemarau.
 
 
 
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024