Antarajawabarat.com, 30/12 - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tasikmalaya menjadi juara umum "Panwaslu Award Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014" setelah mendapatkan tiga penghargaan terbaik pertama kategori laporan hasil pengawasan, terbaik kedua kategori laporan keuangan dan administrasi pengelolaan SDM dan organisasi.

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh komisioner Panwaslu se-Jabar di Bandung, Selasa, diberikan pula penghargaan kepada Kabupaten Majalengka sebagai terbaik kedua kategori laporan hasil pengawasan dan Kabupaten Purwakarta dan Kota Bandung sebagai terbaik kategori pengawasan partisipatf.

Untuk kategori penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa diberikan kepada Kota Bekasi dan Kabupaten Indramayu sedangkan Kota Depok dan Kabupaten Subang terbaik di kategori kehumasan dan hubungan antar lembaga.

Terbaik pertama dan kedua diraih Kota Sukabumi dan Kabupaten Tasikmalaya untuk kategori administrasi pengelolaan SDM dan organisasi sedangkan terbaik kedua penyampaian laporan keuangan jatuh pada Kabupaten Majalengka.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar Harminus Koto mengatakan pemberian penghargaan ini diberikan dengan tujuan agar seluruh Panwaslu dapat terpacu untuk selalu memberikan kinerja terbaiknya.

Harminus menjelaskan penilaian telah dilakukan sejak tahapan Pemilu Legislatif dimulai hingga Pemilu Presiden 2014 berakhir. "Penilaian dilakukan oleh tim internal terkait kinerja 26 Panwas kabupaten/kota di Jabar terkait dengan kecepatan, ketepatan pelaporan per bulan pada setiap tahapannya," katanya.

"Salah satu keberhasilan Panwaslu juga dapat dilihat dari kemampuan menyelesaikan permasalahannya di daerah masing-masing," katanya.

Selain penghargaan, lanjut Harminus, usai evaluasi dilakukan, beberapa anggota Panwaslu kecamatan hingga kabupaten/kota telah mendapatkan peringatan ringan hingga pemecatan.

"Mereka yang telah melakukan pelanggaran administratif diberikan hukuman dan sebaliknya bagi yang berprestasi akan diberikan penghargaan," tegasnya.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014