Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, meminta masyarakat agar tidak membakar sampah rumah tangga menjelang musim kemarau untuk mencegah terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh aktivitas tersebut.

"Jangan buang sampah sembarangan atau bakar sampah sembarangan. Masyarakat harus bijak mengelola sampah, secara ramah lingkungan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama di Kabupaten Bandung, Senin.

Menurut dia, masyarakat perlu mengubah kebiasaan dengan tidak membakar sampah dengan mengolahnya menjadi pupuk organik.

“Apalagi pada musim kemarau tumpukan sampah rawan terjadi kebakaran. Sampah rumah tangga, khususnya sampah organik bisa digunakan untuk pupuk organik tanaman," katanya.

Uka juga mengimbau masyarakat dalam menghadapi musim kemarau ini untuk menghemat penggunaan air bersih yang biasa digunakan sehari-hari.

"Dengan harapkan persediaan air bersih bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama," katanya.

Untuk menghadapi musim kemarau ini, kata dia, BPBD Kabupaten Bandung akan melaksanakan rapat koordinasi dengan berbagai unsur dan menyiagakan personel serta menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.


"Di antaranya rapat koordinasi dengan PDAM, PMI, Disperkintan, DPUTR, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dispakan, Badan Kesbangpol, termasuk dengan para camat dan kepala desa, serta pihak lainnya,” ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan para relawan yang ada di masing-masing desa dan kelurahan untuk mendapatkan informasi dan respons cepat dalam setiap kemungkinan kejadian yang tidak diharapkan.

“Kita juga berharap respons cepat dari desa maupun kecamatan dalam setiap melaporkan situasi dan kondisi kejadian. Misalnya terjadi kekeringan atau kebakaran," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Bandung minta warga tidak membakar sampah jelang musim kemarau

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024