Bupati Bandung Dadang Supriatna melepas keberangkatan 432 calon haji dari Lanud Sulaiman Bandung menuju asrama haji sebelum diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Penerbangannya di Bandara Kertajati, Majalengka. Sejumlah 432 orang dengan ditambah delapan orang petugas,” kata dia di Kabupaten Bandung, Jumat.

Baca juga: 2.965 calon haji asal Kabupaten Bandung berangkat ke Tanah Suci tahun ini

Dia mengatakan calon haji yang dilepas keberangkatan hari ini merupakan kelompok terbang (kloter) 1 Kabupaten Bandung atau kloter lima secara nasional.

“Mudah-mudahan kita doakan, mereka sehat dan lancar menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci dengan sempurna dan kembali lagi ke Kabupaten Bandung mendapatkan gelar haji mabrur dan mabrurah," kata dia.

Dirinya menyampaikan jamaah harus bisa menjaga kondisi fisik selama berada di Tanah Suci agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan aman.

"Berdasarkan informasi cuaca lagi panas lebih dari 40 derajat Celsius di Arab Saudi. Tapi Allah SWT maha segalanya, kita pasrah dan lillahi ta'ala melaksanakan ibadah haji. Insyaallah lancar dalam melaksanakan ibadahnya," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Cece Hidayat menyebutkan pada musim haji 2024, jumlah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci mencapai 2.965 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu yang 2.679 orang.

Ia mengatakan setiap pemberangkatan akan terbagi melalui Bandara Kertajati, Majalengka dan Bandara Soekarno-Hatta Tanggerang.


“Untuk kloter terakhir Kabupaten Bandung itu tanggal 8 Juni 2024 melalui pemberangkatan Bandara Kertajati dan Soekarno-Hatta,” kata dia.

Selain itu, dirinya mengimbau calon haji untuk untuk melakukan vaksin meningitis sebelum menunaikan ibadah di Tanah Suci guna kelancaran ibadah sekaligus sebagai upaya pencegahan masuknya penyakit ke tanah air.

“Maka kita anjurkan menggunakan vaksin supaya untuk menjaga kesehatan diri kita masing-masing karena akan bertemu jutaan orang dari seluruh penjuru dunia,” kata dia.

Baca juga: Polresta Bandung gelar "ramp check" pada angkutan calon haji 2024

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati Bandung lepas keberangkatan 432 calon haji

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024