Sosok Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan ditentukan oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

"Tentu kita menunggu siapa yang ditunjuk sebagai Pj (Sekda) oleh Pak Gubernur," kata Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Rabu.

Ia menjelaskan, sambil menunggu nama Pj Sekda Kabupaten Bogor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pihaknya telah menyiapkan sosok pelaksana harian untuk mengisi kekosongan sementara, setelah Burhanudin purna tugas dari jabatan Sekda Kabupaten Bogor pada 1 Mei 2024.

"Sudah ada, Plh-nya sudah ada, sudah disiapkan untuk mengisi kekosongan sambil menunggu penunjukan penjabat," ujarnya.

Sedangkan untuk mengisi posisi sekda definitif, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sedang melakukan proses lelang jabatan terhadap 14 peserta.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bogor Rusliandy mengungkapkan, sebanyak 14 peserta itu merupakan mereka yang telah memenuhi syarat seleksi administrasi dan lulus penelusuran rekam jejak.

Rusliandy menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) yang terdiri dari lima anggota, yakni tiga dari Kementerian Dalam Negeri dan dua dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurut dia, pansel tersebut menguji para peserta lelang jabatan sekda mulai dari uji gagasan, hingga penulisan makalah.

“Nanti yang akan terpilih adalah mereka yang terbaik dari total yang telah mendaftar berdasarkan pertama ada asesmen, mulai dari kompetensi manajerial dan sosial kultural," ujarnya.

Rusliandy menyebutkan, uji asesmen dan kompetensi juga dilakukan secara terbuka dan transparan dengan menggandeng Badan Siber Sandi Negara (BSSN) sebagai pihak asesor.

“Jadi kita berharap jabatan pimpinan tinggi pratama mengikuti seleksi sesuai dengan tahapan-tahapan yang ditentukan pansel,” kata Rusliandy.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024