Pemerintah Kabupaten Bekasi menyatakan kesiapan menjamu seluruh kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan berlangsung di daerah itu pada 27 April sampai 5 Mei 2024.

Pergelaran lomba keagamaan ini juga akan dikolaborasikan dengan festival kebudayaan Lebaran Bekasi, wisata industri, bintang tamu artis papan atas, hingga bazar produk pelaku UMKM untuk menambah semarak kegiatan sekaligus bagian dari jamuan bagi seluruh kafilah yang bertanding.

"Jadi jelas berbeda dari sisi penyajian, penyelenggaraan, tema, dan sentuhan khas Kabupaten Bekasi. Secara keseluruhan, kami berupaya menyuguhkan yang terbaik pada penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Bekasi ini," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan MTQ merupakan ajang paling bergengsi dari pergelaran multi event keagamaan. Layaknya Pekan Olahraga Provinsi maupun Nasional, MTQ ini menghadirkan ribuan kafilah dari puluhan kontingen.

"Konfirmasi yang masuk ke kami sedikitnya ada 5.000 peserta nanti yang akan bertanding di MTQ ini dari 27 kontingen, termasuk kita sebagai tuan rumah. Itu baru peserta dan ofisial, belum pendukung yang kami prediksi jumlahnya juga ribuan karena dari warga di sini saja sudah sangat antusias," katanya.

MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 ini dilaksanakan di total 12 titik dengan arena perlombaan utama di Lapangan Plasa Pemkab Bekasi di Kecamatan Cikarang Pusat. Sebuah panggung raksasa juga telah didirikan sebagai lokasi upacara pembukaan dan penutupan.

"Selama penyelenggaraan MTQ ini seluruh peserta kami fasilitasi wisata industri, gratis. Ini sebagai bagian dari promosi kita dalam hal wisata industri. Kemudian di pertengahan MTQ juga akan ada Lebaran Bekasi yang menjadi pusat kegiatan seni budaya Kabupaten Bekasi. Maka kami optimistis penyelenggaraan MTQ berlangsung meriah," katanya.

Dani pun memasang target juara umum bukan hal yang mustahil.

"Terlebih dalam MTQ dan STQ sebelumnya, prestasi Kabupaten Bekasi terus meningkat. Pada MTQ Jawa Barat sebelumnya di Sumedang kami peringkat empat besar, lalu STQ kemarin di Bandung masuk dua besar," ucapnya.


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024