Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota, Jawa Barat, memberangkatkan sebanyak 110 orang menggunakan dua bus dalam program mudik gratis pada Hari Raya Idul Fitri untuk membantu masyarakat dengan kota tujuan Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

"Polres Tasikmalaya Kota memberangkatkan dua bus mudik gratis dengan tujuan Yogyakarta dan Solo," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono saat melepas bus mudik gratis di Markas Polres Tasikmalaya Kota, Jumat.

Ia menuturkan Polres Tasikmalaya Kota menyiapkan dua bus untuk memberikan pelayanan mudik gratis bagi siapa saja yang ingin pulang ke kampung halamannya pada momentum Lebaran.

Program mudik gratis itu, kata dia, merupakan perintah pimpinan Polri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang mau mudik dengan aman, nyaman, selamat, dan gratis.

"Tujuan utamanya adalah untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pemudik hingga mereka tiba di kampung halaman," katanya.

Ia menambahkan layanan mudik gratis itu upaya kepolisian untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor saat momentum mudik maupun balik pada Lebaran.

Mereka yang mendapatkan layanan mudik gratis itu, kata dia, merupakan perantau yang berasal dari Yogyakarta dan sejumlah daerah di Jawa Tengah yang bekerja dan tinggal di Tasikmalaya.

Ia menyampaikan kegiatan pelayanan mudik gratis itu sudah dilaksanakan untuk kesekian kalinya oleh Polres Tasikmalaya Kota setiap Idul Fitri.
"Mudah-mudahan para pemudik ini bisa sampai ke kampung halamannya dengan selamat, dan bisa berlebaran, bersilaturahim dengan keluarganya," kata Joko.

Salah seorang warga yang mendapatkan layanan mudik gratis, Hendro, menyampaikan syukur karena bisa berangkat mudik ke Solo bersama keluarganya secara gratis.

"Alhamdulillah mudik gratis ke Solo, saya ini sekeluarga tujuh orang," katanya.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024