Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan dan para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyerahkan zakat secara langsung ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menjelang Lebaran 2024.

"Penyaluran zakat ke Baznas ini adalah sebagai bentuk komitmen pemkab untuk terus berupaya mengoptimalkan penerimaan, pengumpulan, dan pembayaran zakat melalui Baznas," kata Benni, di Purwakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan kembali mengenai kewajiban berzakat bagi setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

"Salah satu rukun Islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri adalah berzakat. Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam. Hal ini sebagaimana telah ditetapkan dalam Al Quran," katanya.



Menurut dia, zakat tidak hanya berdimensi ibadah, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi. Dengan zakat diharapkan mampu mengatasi problem kemiskinan dan kesenjangan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Ia menyampaikan bahwa Pemkab Purwakarta perlu mendukung Baznas, karena penyaluran zakat melalui Baznas sangat menunjang program pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat.

"Artinya Baznas ikut serta mewujudkan harapan pemerintah untuk menjadikan Purwakarta yang lebih maju, makmur, dan bertaqwa," katanya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penjabat Bupati Purwakarta dan para pegawai salurkan zakat ke Baznas

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024