Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat, menyiagakan sebanyak 334 personel gabungan untuk melakukan pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebut 334 personel pasukan tersebut terdiri dari unsur Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran hingga Satuan Polisi Pamong Praja.

"Ratusan personel gabungan dari Pemkab Bandung itu akan disiagakan di sembilan titik pos pengamanan lalu lintas dan angkutan Lebaran 2024, termasuk mereka disiagakan di perbatasan dan dua posko keselamatan," kata Dadang di Kabupaten Bandung, Selasa.

Dadang mengatakan para personel gabungan itu akan disiagakan di titik kawasan Cileunyi, yang merupakan jalur lalu lintas segi tiga emas yang biasa dipadati oleh para pemudik.

“Mengingat jalur segi tiga emas Cileunyi, tempat bertumpuknya kendaraan yang berasal dari Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, dan juga pengendara dari Garut dan Tasikmalaya," kata dia.

Menurut dia, lalu lintas kendaraan di wilayah Kabupaten Bandung saat ini terbantu dengan adanya pintu keluar Tol Cisumdawu dari kawasan Cileunyi menuju Sumedang dan Dawuan atau sebaliknya, sehingga tidak terjadi kepadatan kendaraan di kawasan Cileunyi.

"Dengan adanya exit Tol Cisumdawu ini tentunya mempermudah dan memperlancar lalu lintas. Hanya yang perlu diperhatikan, kendaraan yang masuk ke arah Nagreg," ujarnya.


Selain menyiagakan personel, kata dia, Pemkab Bandung telah melengkapi sarana dan prasarana terkait kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Bandung.

"Pemerintah daerah ataupun unsur dari kepolisian, TNI, dan juga instansi lainnya tentu sudah siap melakukan pengamanan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat saat momentum Lebaran," ujarnya

Dia mengatakan dalam pengamanan lalu lintas dan angkutan Lebaran 2024 nantinya digabungkan dengan personel TNI dan Polri.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024