Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menghimpun pembayaran zakat fitrah di 760 sekolah rintisan zakat yang telah terbentuk dengan menggerakkan peran unit pengelola masing-masing satuan pendidikan.

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri  di Cikarang, Kamis, mengatakan upaya penghimpunan zakat fitrah di lingkungan satuan pendidikan ini melalui skema pembagian kupon kepada seluruh sekolah rintisan zakat.

"Kita telah bagikan kupon kepada sekolah zakat masing-masing sebanyak 200 lembar kupon. Dikalikan 760 sekolah sehingga sudah tersebar sekitar 1.500-1.600-an," katanya.

Dia mengatakan upaya penghimpunan zakat fitrah ini untuk mengoptimalkan penerimaan zakat kepada Baznas dengan harapan banyak pelajar yang menyalurkan zakat fitrah melalui sekolah rintisan zakat.

"Kalau nilainya Rp45.000, kalau semua kupon bisa tersalurkan, artinya siswa membayar zakat di Baznas, karena ini kan sifatnya suka rela. Intinya kita menerima mereka yang ingin zakat ke Baznas," katanya.

Secara teknis, sekolah zakat saat ini sudah memulai mengumpulkan zakat fitrah sesuai dengan kupon yang didapatkan dan kemudian akan disetorkan ke koordinator wilayah masing-masing sekolah.

"Teknisnya itu ya, dari korwil (koordinator wilayah) dijadwalkan hari ini disetorkan kepada kami," ucapnya.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024