Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin pagi turun mengikuti pelemahan mayoritas bursa saham kawasan Asia.

IHSG dibuka melemah 5,68 poin atau 0,08 persen ke posisi 7.344,45. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 1,91 poin atau 0,19 persen ke posisi 994,82.

"Pergerakan IHSG pada pekan ini didominasi oleh sentimen global dan regional. IHSG berpeluang menguat terbatas," sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Senin.

Dari dalam negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan 
Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, namun, gugatan dari pasangan calon (paslon) satu dan tiga pun dilayangkan kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu, fokus juga tertuju pada rilis data M2 money supply Indonesia, dimana Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian atau jumlah uang yang beredar secara luas (M2) pada Februari 2024 naik 5,3 persen year on year (yoy) mencapai total Rp8.739,6 triliun.

Dari mancanegara, pada Kamis (28/03), Gubernur Dewan bank sentral AS The Fed Christopher Waller akan berbicara tentang prospek ekonomi di Economic Club of New York Reception, New York City.

Hal ini ditunggu pasar khususnya komentar para pengambil kebijakan The Fed yang dapat memberikan petunjuk mengenai penilaian ekonomi dan prospek kebijakan FOMC.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IHSG awal pekan melemah ikuti mayoritas bursa kawasan

Pewarta: Muhammad Heriyanto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024