Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan sistem jemput bola dalam melakukan "ramp check" atau uji kelayakan dari bus angkutan Lebaran 2024 yang akan berangkat dari Kota Kembang.

"Hal ini demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada calon penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara di Bandung, Kamis.

Asep menjelaskan ramp chek angkutan umum akan dilaksanakan di Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum pada 3-9 April 2024. Sedangkan ramp check di pul bus pada 27 Maret-2 April 2024 mendatang.

Ia menambahkan Dishub Kota Bandung berkomitmen untuk memberikan layanan prima sepanjang musim mudik lebaran tahun ini melalui kolaborasi dengan berbagai pihak agar lebaran bisa dilalui dengan rasa gembira.

“Kolaborasi dan koordinasi dari berbagai stakeholder yang ada di maksimalkan, mulai dari pengawasan operasional angkutan umum, pengendalian sirkulasi arus lalu lintas, penyiapan fasilitas pelayanan pada terminal,” kata dia.

Agar terciptanya mobilitas yang lancar dan kondusif, kata dia, Dishub Kota Bandung akan menyiapkan fasilitas perlengkapan jalan. Seperti traffic barrier, cone, concrete barrier, water barrier, dan lain-lain.

“Semua dipersiapkan, penempatan personil untuk mengatur dan mengurai kepadatan arus lalu lintas juga penyiapan titik lokasi parkir,” katanya.

Sekretaris Dishub Kota Bandung, Asep Kurnia menyampaikan persiapan fasilitas perlengkapan jalan selama masa mudik dan balik Lebaran dilaksanakan bersama Polrestabes Bandung.


Dirinya menyebut Dishub Kota Bandung siap menempatkan sejumlah personelnya terdiri dari 12 Taruna, 200 orang PPL, dan 36 orang ASN yang disebar di 10 titik pos pengamanan (Pospam).

"Di antaranya, di Simpang Dago, Gedung Sate, Gedung Merdeka, Alun-alun, Kepatihan, Terminal Cicaheum, Bunderan Cibiru, Cikapayang Dago, Buahbatu, Stasiun Bandung dan Terminal Leuwipanjang," kata Asep


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024