Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat pada 2025 fokus untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan pelayanan infrastruktur dasar.

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Bogor Rudy Mashudi, di Kota Bogor, Kamis, mengatakan hal itu dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan, kecamatan, hingga di tingkat kota hari ini.

“Pada 2025 fokus kami peningkatan SDM yang unggul, dan pelayanan infrastrukur dasar. Kami berharap 2025 ada beberapa hal yang kami ingin capai, selain yang sudah tercatat dalam pembangunan 2023-2024,” ujarnya pula.

Lebih lanjut, Rudy menyebut, dari usulan musrenbang kecamatan sudah terverifikasi sebanyak 361 usulan, ada di 16 perangkat daerah.

Sementara itu, ada juga usulan pokok pikiran dari DPRD Kota Bogor yang sudah diinput sebanyak 969 usulan di 14 perangkat daerah.

Rudy mengatakan, hal-hal yang disampaikan masyarakat terdiri atas empat hal, yaitu infrastruktur, pengembangan ekonomi, sosial, dan pemerintahan.

“Jadi empat klaster usulan yang dimajukan warga masyarakat melalui partisipatif dari tingkat kecamatan, kelurahan, sampai tingkat kota,” ujarnya.

Di samping itu, Rudy menyampaikan, ada juga keberlanjutan dari program-program terkait pelayanan dasar masyarakat yang dijalankan Pemkot Bogor, antara lain jalan, kantor kelurahan, puskesmas, hingga sekolah.

 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024