Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adipura Kencana 2023 kepada lima kabupaten/kota yaitu Kota Balikpapan, Surabaya, Bontang, Bitung, dan Kabupaten Ciamis yang memperlihatkan kinerja baik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Pada Adipura Tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia atau kira-kira 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam acara Penghargaan Piala Adipura Tahun 2023 yang dipantau daring dari Jakarta, Selasa.

Menurut dia, lima kota/kabupaten tersebut dipilih karena memperlihatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik berupa pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Mereka juga melakukannya dengan cara-cara yang inovatif dan berkelanjutan.

Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kabupaten/kota dalam rangkaian penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan itu.

Selain Adipura Kencana, dalam kesempatan itu KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023.

KLHK juga memberikan Sertifikat Adipura kepada 51 kabupaten/kota karena dinilai memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah dari sumbernya.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KLHK serahkan Adipura Kencana 2023 kepada lima kabupaten/kota

Pewarta: Prisca Triferna Violleta

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024