Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpukau dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur dalam kunjungan perdananya.

"Kesan pertama, saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Bapak Presiden RI Jokowi dan kita semua untuk menghadirkan pusat pemerintahan, dan harapannya juga menjadi pusat kemajuan bangsa dan peradaban Nusantara yang diharapkan benar-benar bisa menghadirkan kebijakan pada saatnya nanti yang terus memajukan ekonomi Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan rakyatnya," kata AHY dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

AHY secara khusus pada Rabu (28/2) datang bersama Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni ke IKN, setibanya di Kalimantan Timur keduanya melakukan perjalanan darat dari Kota Balikpapan, dan berhenti sejenak di Kodam VI Mulawarman untuk menyerahkan sertifikat lahan untuk Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Setelah itu AHY bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Titik Nol Nusantara dan secara langsung tonggak di Titik Nol.

Dalam kunjungan ke Titik Nol, AHY diterima oleh para Deputi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) serta sejumlah pihak termasuk dari jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para kontraktor yang terlibat dalam pembangunan IKN.

Menurut dia, pembangunan IKN merupakan proyek besar dan sebuah mahakarya di mana pemerintah memfokuskan pembangunan terlebih dahulu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Ini tidak mudah karena merupakan proyek besar, mahakarya yang saya katakan tadi bahwa kita ingin fokus terlebih dahulu di KIPP di mana pemerintahan intinya (core government) ada di sini," kata AHY.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri ATR/BPN AHY terpukau dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024