Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil Pemilu 2024 tingkat kabupaten selama enam hari ke depan, sebelum mengumumkan secara resmi hasil pemilihan di seluruh wilayah Cianjur.

Ketua KPU Cianjur, Muchamad Ridwan di Cianjur Rabu, mengatakan target rekapitulasi kabupaten dapat tuntas sebelum hari keenam, namun sesuai dengan aturan dapat tuntas sebelum pertengahan bulan Maret.

Baca juga: KPU Cianjur pastikan tak ada suara bertambah atau hilang

"Hari ini rekapitulasi tingkat kabupaten digelar hingga enam hari ke depan, dengan harapan dapat tuntas sebelum batas waktu sesuai aturan, dimana sekitar 32 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan membacakan C1 Hasil dari masing-masing TPS," katanya.

Tahapan rapat pleno yang digelar selama enam hari, tutur dia, masing-masing PPK akan membacakan hasil pemilihan tanggal 14 Februari dari 7.278 TPS yang tersebar di 32 kecamatan di Cianjur.

Dia menjelaskan, rapat pleno rekapitulasi kabupaten juga dihadiri pengurus partai politik dan peserta Pemilu 2024, Bawaslu dan panwaslu dari masing-masing kecamatan serta unsur dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cianjur.
"Mereka yang masuk di dalam ruang sidang termasuk tim sukses atau perwakilan dari partai politik peserta pemilu yang mengantongi kartu identitas resmi yang dikeluarkan KPU Cianjur," katanya.

Setelah proses rekapitulasi tuntas, pihaknya akan mengumumkan secara resmi hasil Pemilu di Cianjur, termasuk raihan kursi dan nama calon anggota legislatif yang lolos sebagai pemenang untuk menduduki kursi di DPRD I, II, DPR RI, DPD dan raihan suara calon presiden dan wakil presiden.

"Kami minta peserta dan partai politik menunggu sampai pengumuman resmi dikeluarkan KPU Cianjur, setelah rapat pleno tuntas dilakukan. Untuk saat ini, belum bisa kami sebutkan karena harus menunggu beberapa hari ke depan," katanya.

Baca juga: KPU Cianjur: Seluruh PPK gelar rapat pleno kecamatan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024