Antarajawabarat.com,16/7 - Polda Jawa Barat akan melakukan antisipasi dan pencegahan aksi kejahatan bermodus memecahkan kaca mobil di area peristirahatan di ruas tol yang ada di provinsi itu.

"Aksi kiminalitas di rest area tol, SPBU maupun di lokasi lainya dengan modus memecahkan kaca kendaraan menjadi perhatian kami. Titik kerawanan aksi itu sudah kami inventarisasi," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan di sela-sela Rakor Pengamanan Lebaran 2014 di Mapolda di Bandung, Selasa.

Pengamanan arus kendaraan selain di sepanjang ruas jalur mudik kawasan pantura maupun selatan Jabar, juga akan difokuskan di SPBU, rest area atau tempat peristirahatan lainnya.

Kapolda menyebutkan kasus yang paling sering dialami pemudik adalah pemecahan jendela kendaraan yang sering terjadi di rest area di ruas tol baik di Cikampek maupun Purbaleunyi.

Untuk pengamanan akan disiapkan polisi berseragam maupun berpakaian preman di beberapa titik yang dianggap rawan aksi kejahatan seperti itu.
Kapolda siap mengamankan prosesi Mudik Lebaran 2014 dengan menggelar Operasi Ketupat Lodaya 2014 yang akan berlangsung sebelum dan setelah lebaran.

Ia menyatakan siap menciptakan keamanan dan kenyamanan di jalur mudik, dan dipastikan tidak ada penilangan di jalan raya di sepanjang jalur itu, kecuali pengguna jalan melakukan pelanggaran berat.

"Kepolisian akan mengutamakan kenyamanan pemudik agar bisa sampai ke tujuan masing-masing, tidak ada tilang kecuali melakukan pelanggaran berat," kata Kapolda.

Dalam pengamanan di jalur mudik, kepolisian dibantu TNI dan potensi masyarakat seperti Ormas, pramuka, Dishub, Satpol PP, dan PMI.

Ia menyebutkan untuk semaksimal mungkin meminimalisasi kendala di jalur mudik, termasuk menyiapkan rekayasa jalur saat terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur utama. Salah satunya dengan mengalihkan ke jalur alternatif.

Selain itu pihaknya juga mengantisipasi arus mudik yang mengakibatkan arus lalu lintas padat luar biasa seperti yang kerap terjadi di jalur pantura dan sebagian jalur selatan.

Kapolda menyebutkan, terkait kelaikan jalan masih ada yang terkendala di tol cikopo ada pembangunan under pas, sudah dipasang tiang pancang sehingga ada perlambatan arus khususnya yang keluar tol.

Rakor pengamanan lebaran dan Operasi Ketupat Lodaya 2014 itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan, Kadishub Jabar, perwakilan dari PTKAI, Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara, Organda serta beberapa instansi terkait lainnya. ***1***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014