Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01, Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Sekretaris KPU Kota Bandung Akbar Noviansyah mengatakan simulasi tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi sekaligus sosialisasi mengenai teknis pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024.

"Tentunya, simulasi ini memerlukan partisipasi dari masyarakat atau petugas, bagaimana cara mereka nanti dalam pelaksanaan bisa mengikuti dengan baik, baik dari segi penghitungan sampai dengan di akhir," kata Akbar di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Akbar mengatakan simulasi pencoblosan di TPS 01 KPU Kota Bandung mengundang para pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT).

"Kami melibatkan kurang lebih 100 orang dalam pelaksanaan kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara yang khususnya melibatkan masyarakat di lingkungan Kecamatan Bandung Wetan," jelas Akbar.

Dia mengatakan kegiatan itu sekaligus mempersiapkan petugas bagaimana pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan haknya di TPS.

"Dengan adanya simulasi ini, tentunya kami berharap petugas itu bisa nantinya menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, sehingga tidak terjadi kebingungan saat melaksanakan tugas," katanya.

Lebih lanjut, Akbar mengatakan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang bertugas di setiap TPS pada saat pemilihan 14 Februari ialah sebanyak tujuh orang, ditambah dua orang petugas keamanan.


Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kota Bandung Asep Saeful Gufron berharap penyelenggara pemilu dapat memahami tahapan, mulai dari warga yang akan menyampaikan aspirasi politik ke lokasi sampai terakhir mencelupkan tinta.

"Pemahaman ini, edukasi warga masyarakat yang memiliki hak pilih. Mudah-mudahan simulasi mengingatkan kembali fokus saat pemilu tahapan sesuai simulasi," kata Asep.

Asep mengatakan Pemkot Bandung terus mempersiapkan seluruh elemen untuk menjaga keamanan Kota Bandung tetap kondusif dan pemahaman tata cara pemungutan suara.

"Kami berharap seluruh tahapan pemilu di Kota Bandung berjalan lancar, dan kondusif," ujarnya.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024