Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Wili Sumarlin mengatakan ada tiga lokasi tempat pemungutan suara (TPS) khusus untuk pemilu 2024 yaitu di Rumah Tahanan (Rutan) Depok, Pesantren Qotrun Nada, dan Rumah Sakit Universitas Indonesia ( RSUI).

"Ada tiga lokasi kami tempatkan TPS khusus di Rutan Cilodong, di RS UI Beji, Pesantren Qotrun Nada Kecamatan Cipayung," kata Wili Sumarlin di Depok, Senin.

Wili Sumarlin mengatakan total jumlah TPS khusus di tiga lokasi berjumlah 12 TPS. Dengan rincian Rutan Depok ada enam TPS, Pondok Pesantren Qotrun Nada tiga TPS, dan RSUI ada tiga TPS.

Wili Sumarlin menjelaskan TPS khusus untuk pemilih yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya di daerah asal pada hari pemungutan suara.

"Karena kondisi tertentu misalnya sedang menjalani masa tahanan, sakit atau menjalani rehabilitasi, terkena bencana alam, dan lokasi lainnya, kalau TPS biasa diperuntukkan bagi pemilih sesuai dengan domisilinya," ujarnya.

Terpisah Ketua Panwascam Cilodong Dedi Muliana  meminta agar tempat pemungutan suara (TPS) khusus di rumah tahanan (Rutan) dipersiapkan maksimal.

Ia menyebutkan enam TPS khusus di Rutan Depok terdapat 923 daftar pemilih tetap (DPT).

Namun jumlah DPT tersebut di TPS khusus Rutan Depok ini bersifat tidak tetap karena siklus penghuni rutan tersebut.

Ia mengatakan untuk pengawasan, Panwascam Cilodong telah koordinasi dengan pihak Rutan Depok terkait pencoblosan nanti 14 Februari 2024.

Dari jadwal yang diterima ANTARA, ada tiga deklarasi yang akan digelar, yakni deklarasi dukungan dari Relawan Pajajaran untuk Prabowo Gibran; Paten (Pemuda Teman Gibran); dan Jaringan Ojek Pangkalan (JOP).
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024