Kepolisian Resor Garut menyerahkan puluhan pelajar yang terlibat dalam kegiatan pesta minuman keras (miras) di salah satu hotel di Kabupaten Garut, Jawa Barat kepada orang tuanya untuk diberi pembinaan lebih lanjut yang sebelumnya polisi sudah melakukan pemeriksaan identitas dan pembinaan terhadap mereka.

"Sudah dikembalikan ke orang tuanya," kata Kepala Seksi Humas Polres Garut Ipda Susilo Adhi saat ditanya penanganan lanjutan puluhan pelajar yang diamankan karena melakukan pesta minuman keras di Garut, Senin.

Ia menuturkan Polres Garut mengamankan 80 pelajar yang tercatat dari beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Garut karena kedapatan sedang berkumpul dan menenggak minuman keras di salah satu hotel di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

Seluruh pelajar itu, kata dia, semuanya menjalani pemeriksaan kemudian dilakukan pembinaan sebelum akhirnya Polres Garut menyerahkan mereka kepada orang tuanya masing-masing untuk dibina lebih lanjut.

Alasan kepolisian menyerahkan kembali mereka ke orang tuanya, kata dia, selain masih di bawah umur, juga tidak didapat adanya unsur tindak pidana, hanya kegiatan pesta minuman keras.

"Tidak ada sajam (senjata tajam) atau tindakan pidana yang lain, hanya pesta miras. Dipanggil orang tuanya untuk diberikan pembinaan," katanya

Ia mengimbau masyarakat, terutama kalangan orang tua untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya agar terhindar dari kenakalan remaja seperti mengkonsumsi minuman keras, berandalan bermotor, narkoba, balapan liar dan kegiatan negatif lainnya.

Kepolisian tingkat polres maupun polsek, kata Susilo, akan terus melakukan patroli, dan memberantas penjualan minuman keras, knalpot bising, dan narkoba.

"Patroli terus ditingkatkan, dan operasi minuman keras, knalpot brong, geng motor, dan narkoba setiap hari terus dilakukan," katanya.

Sebelumnya tim gabungan patroli dari unsur kepolisian, TNI, dan Satpol PP Garut mendapatkan informasi adanya kelompok remaja mencurigakan berkumpul di salah satu hotel, Sabtu (20/1) malam.

Petugas patroli kemudian melakukan pengecekan dan ternyata benar banyak kalangan remaja yang masih berstatus pelajar berkumpul dan diketahui menenggak minuman keras.

Selanjutnya polisi membawa mereka ke Markas Polres Garut, berikut diamankan berbagai atribut komunitas mereka, minuman keras pabrikan dan juga minuman keras oplosan.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024