Polresta Bandung, Jawa Barat, mengawal ketat kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung.

Kepala Polresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, Rabu, mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 90 personel gabungan TNI dan Polri dalam pengamanan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Hari ini, kami melakukan pengecekan terkait dengan personel pengamanan yang kami tempatkan di gudang KPU," kata Kusworo di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Kusworo menjelaskan pengamanan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang dapat merusak surat suara atau gangguan lainnya.

"Tinggal keamanan perlu kami jaga dengan kerawanan-kerawanan yang ada, sehingga kami menempatkan personel pengamanan dilokasi ini," jelasnya.

Sebelum masuk dan keluar gudang logistik, Kusworo menjelaskan para petugas dan pekerja pelipat surat suara diperiksa seluruh badannya oleh polisi dan staf KPU Kabupaten Bandung.

"Termasuk personel yang melakukan pemeriksaan bagi petugas yang akan melipat surat suara. Begitu datang, kami lakukan pengecekan badan, jangan sampai membawa benda-benda yang sekiranya bisa merusak surat suara," katanya.


Kusworo menyebut sortir dan lipat suara merupakan tahapan krusial. Oleh karena itu, pengawasan ketat ini itu untuk mencegah terjadinya pelanggaran tata tertib selama pelipatan surat suara.

Selain itu, dia memastikan gudang logistik KPU Kabupaten Bandung aman untuk digunakan serta terbebas dari ancaman banjir yang dapat mengganggu Pemilu 2024.

"Sebelum diletakkan surat suara, kami sudah bersama-sama dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri melihat lokasi-lokasi yang memang terbebas dari banjir," ujar Kusworo.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024