Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu memimpin Deklarasi Rencana Sekolah Bersinar perwakilan dari 106 SMP negeri di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya harap, deklarasi sekolah bersinar, atau bebas dari narkoba ini semakin memperkuat komitmen untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di kalangan generasi muda, terutama pada lingkungan pendidikan," ungkap Asmawa saat memimpin deklarasi di SMPN 1 Cibinong, Bogor, Kamis.

Ia mengapresiasi langkah yang diambil Dinas Pendidikan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor. Menurut dia, menjadi sangat penting mengedukasi pelajar tentang bahaya narkoba, karena dapat merusak jiwa dan raga.

"Masa sekolah jenjang SMP ini adalah di mana anak-anak memasuki usia remaja, proses pencarian jati diri, rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga cukup rawan dan perlu pendampingan intensif," kata Asmawa yang juga Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu.

Ke depannya, kata dia, deklarasi serupa akan dilakukan pada tingkat SD. Ia pun meminta agar setiap sekolah membentuk satuan tugas (satgas) anti narkoba, untuk mengawasi dan mendata jajanan di lingkungan sekolah

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024