Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyebutkan perbaikan jalan ambles di ruas antara Desa Sukamukti dan Desa Sukabungah, Kecamatan Bojongmangu dilakukan dengan melibatkan pihak swasta melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

"Perbaikan melalui CSR dari perusahaan swasta sebagai langkah cepat pemerintah daerah bersama swasta. Yang penting jalan cepat diperbaiki untuk jangka pendek agar bisa dilalui masyarakat sebagai akses mempermudah aktivitas," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan perbaikan jalan di ruas tersebut mulai dilakukan pada Jumat (5/1) atau tepat setelah pemerintah daerah menerima laporan koordinasi dari pihak kecamatan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi terkait kerusakan dimaksud.

Henri menyatakan panjang jalan yang ambles tersebut mencapai 60-80 meter dengan titik kebutuhan perbaikan hingga 100 meter dan lebar jalan 4-5 meter.

"Pekerjaan pengerasan jalan sebagai antisipasi jangka pendek ini ditargetkan selesai Senin ini apabila cuaca memang memungkinkan," katanya.
 

Ia mengaku peristiwa jalan ambles itu terjadi secara tiba-tiba dan pemerintah daerah belum memiliki alokasi pembiayaan yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi 2024 untuk perbaikan di ruas tersebut.

"Namun karena ini merupakan kebutuhan masyarakat sebagai akses jalan, pemerintah daerah langsung berkoordinasi dengan pihak swasta untuk mendapatkan dukungan CSR guna perbaikan infrastruktur," katanya.

 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab: Perbaikan jalan ambles di Bojongmangu Bekasi libatkan swasta

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024