Pengamat infrastruktur dari Universitas Andalas Akhmad Suraji mengatakan kehadiran Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dapat meningkatkan mobilitas logistik barang dan jasa di kawasan Jabodetabek.

"Pertama, tentunya membuka akses terhadap wilayah-wilayah yang belum maksimal untuk meningkatkan mobilitas barang dan jasa," ujar Akhmad Suraji saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Selain itu, lanjutnya, kehadiran jalan tol tersebut juga dapat mengatasi penyempitan-penyempitan akses jalan (bottleneck) dalam jaringan transportasi, khususnya di kawasan Jabodetabek karena perkembangan kawasan ini luar biasa.

"Kehadiran jalan tol dapat mengurangi bottleneck di sejumlah titik dan sebagainya," katanya.

Fungsi jaringan jalan memang berperan untuk membuka aksesibilitas, meningkatkan mobilitas barang dan jasa, serta tentu juga dikaitkan dengan layanan transportasi seperti menurunkan biaya operasi kendaraan dan meningkatkan kecepatan perjalanan (travel speed).

"Pembangunan infrastruktur konektivitas jalan penting bagi pertumbuhan dan penataan kawasan megapolitan seperti Jabodetabek agar lebih baik," kata Akhmad Suraji.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor tingkatkan mobilitas logistik

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024