Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat menyampaikan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisata di daerahnya dari 276.656 orang pada 2022 menjadi 754.176 turis di tahun 2023.
 
“Pada tahun 2023 lalu, kunjungan wisatawan di Kabupaten Indramayu mencapai 754.176 orang atau meningkat pesat dari tahun 2022,” kata Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu Ela Nurlaela Sari, di Indramayu, Minggu.

Baca juga: 60 Rumah warga di Indramayu rusak akibat angin puting beliung
 
Ela menyampaikan dari hasil perhitungan pada 14 destinasi wisata di Indramayu, pihaknya mencatat lokasi yang paling banyak dikunjungi turis selama tahun 2023 adalah Pantai Tirta Ayu dengan jumlah 456.245 wisatawan, disusul Pantai Pataya sekitar 61.621 turis, dan Pantai Waterpark Tirta Pesona sekitar 52.661 orang.
 
Selain tiga destinasi itu, kata dia lagi, terdapat dua objek wisata di Indramayu yang ramai didatangi turis pada 2023, yaitu Pantai Tirtamaya dengan jumlah wisatawan sebanyak 46.866 orang dan Pantai Karangsong tercatat 44.578 orang.
 
“Berbagai objek wisata di wilayah Kabupaten Indramayu terus menggeliat dan menjadi pilihan wisatawan untuk berwisata,” ujarnya pula.
 
Ela menjelaskan peningkatan jumlah wisatawan itu disebabkan karena banyak destinasi di Indramayu sudah dikelola secara baik, serta para pelaku pariwisata selalu menerapkan prinsip Sapta Pesona sehingga ketika wisatawan datang ke Indramayu untuk berwisata, mereka merasa nyaman dan aman.
 
“Penerapan prinsip Sapta Pesona kepada pengelola objek wisata ini harus benar-benar dipahami, sehingga kunjungan wisata terus meningkat di Kabupaten Indramayu,” katanya lagi.
 
Tidak hanya dari pengelolaan, ujar dia pula, promosi secara masif yang dilakukan Pemkab Indramayu khususnya di sosial media turut mendongkrak popularitas sejumlah destinasi wisata.
 
Oleh karena itu, lambat laun objek wisata di Indramayu semakin dikenal luas dan banyak turis yang datang untuk mengunjunginya.
 
Bahkan, Ela mengungkapkan kunjungan wisatawan di Indramayu mulai bergeliat lagi sejak meredanya pandemi COVID-19.
 
“Dampak libur panjang hari-hari besar keagamaan juga menjadi penyebab meningkatnya kunjungan wisatawan,” kata dia pula.
 
Lebih lanjut, Ela menekankan pihaknya terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata. Apalagi hal tersebut sejalan dengan keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina yang tengah konsen mengembangkan beberapa desa wisata di daerahnya.

Baca juga: Pemkab Indramayu bagikan 3.200 bibit cabai jaga pasokan pangan
 
Dia menambahkan pengembangan itu diimplementasikan melalui pembangunan berbagai sarana untuk melengkapi fasilitas di lokasi objek wisata yang telah ditentukan.
 
“Dengan adanya program ini, sarana yang selama ini masih kurang kemudian dilengkapi oleh kebijakan Bupati Indramayu melalui Dispara,” ujar dia lagi.

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024