Antarajawabarat.com,4/6 - Polda Jabar menandatangani pakta integritas penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) 2014 di Mako Brimob Polda Jabar di Cikeruh Kabupaten Sumedang, Rabu.

Penandatanganan dilakukan oleh perwira Panitia Pendaftaran Akpol Polda Jabar, pendaftar calon taruna, orang tua pendaftar calon taruna serta pengawas internal dan eksternal.

"Penandatangan pakta integritas ini dimaksudkan sebagai sarana kontrol, pengendalian dan pengawasan melekat, dalam setiap proses penerimaan calon anggota Polri," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan yang didampingi Irwasda Kombes Pol Ilham Salahudin.

Ia menyebutkan animo pendaftar calon Taruna Akpol Tahun 2014 di Panda Polda Jabar sebanyak 800 orang dan setelah dilaksanakan pemeriksaan administrasi awal, sebanyak 632 orang pendaftar dinyatakan lolos, yaitu terdiri dari 566 pria dan 66 wanita.

Kapolda Irjen Pol Mochamad Iriawan menegaskan tidak ada pungutan atau biaya apapun untuk menjadi anggota Polri karena seluruh tahapan penerimaan dan pendidikan Polri ditanggung oleh APBN.

Melalui penandatanganan fakta integritas itu, akan dihasilkan calon Taruna dan Taruni Akpol Panda Polda Jabar yang terbaik, baik dari aspek jasmani dan rohani, maupun dari aspek mental dan intelektual.

"Upaya merupakan langkah strategis penataan dan pembinaan personil Polri sejak awal menjadi anggota, sehingga secara bertahap, diharapkan akan terwujudnya calon pimpinan Polri masa depan yang profesional, modern dan humanis," katanya.

Irwasda Polda Jabar menyatakan Polri senantiasa berupaya untuk melakukan perubahan mind set dan culture set Polri, dalam rangka mewujudkan institusi Polri yang bersih (clean government) dan tata kelola kepolisian yang baik (good governance), sesuai dengan harapan dan dambaan masyarakat.
Kapolda menekankan kepada panitia seleksi (baik internal maupun pengawas eksternal) untuk menyelenggarakan seleksi ini dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan wewenang, guna menghasilkan Calon Taruna/Taruni Akpol Panda Polda Jabar yang terbaik.

Dalam amantnya, Kapolda meminta kepada para orang tua calon taruna untuk mengikuti seleksi ini dengan baik dan tidak berupaya untuk melakukan kecurangan/KKN, ataupun percaya kepada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan, baik pada saat seleksi maupun ketika dinyatakan tidak lulus dan dapat mengikuti seleksi lanjutan.

"Bila terbukti melakukan kecurangan, maka secara langsung akan digugurkan atau dianulir kelulusannya," kata Kapolda menambahkan.

***1***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014