Kepolisian Resor (Polres) Kuningan, Jawa Barat, melakukan kegiatan sterilisasi di seluruh gereja di wilayahnya dengan melibatkan tim penjinak bom dari Brimob Polda Jabar untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Misa Natal 2023.
 
Kabag Ops Polres Kuningan AKP Purwadi di Kuningan, Sabtu, mengatakan sterilisasi tempat ibadah itu sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan teror oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Dengan langkah antisipasi itu, Polres Kuningan memastikan seluruh perayaan ibadah Natal 2023 yang dilakukan warganya bisa berlangsung aman dan nyaman.

“Ada delapan gereja yang akan menyelenggarakan Misa Natal di Kabupaten Kuningan dan sudah dilakukan sterilisasi, hasilnya dinyatakan aman,” kata Purwadi.

Purwadi menjelaskan dalam pelaksanaan sterilisasi tersebut, personel dikerahkan secara langsung ke delapan gereja yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Adapun lokasinya tiga gereja berada di Kecamatan Kuningan dan lima lainnya di daerah Cigugur,” ujarnya.

Dia menuturkan semua tahapan pemeriksaan dilakukan dengan menyeluruh, yakni petugas menyisir setiap sudut ruangan dan celah yang dicurigai dapat menyimpan benda-benda berbahaya.

Penyisiran itu menggunakan alat metal detector yang diarahkan pada mimbar, kolong meja hingga pohon natal di dalam gereja.

“Upaya ini untuk menimbulkan rasa aman bagi umat Kristiani untuk menjalankan Misa Natal,” katanya.
Selain sterilisasi, Purwadi menyebutkan sedikitnya lima personel Polres Kuningan bakal bersiaga selama 1x24 jam untuk pengamanan melekat di seluruh gereja.

“Kami juga dibantu personel dari TNI dan Satpol PP dan relawan agar perayaan Natal di Kuningan berjalan aman dan kondusif," ucapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Dewan Paroki Gereja Maria Putri Murni Sejati Kuningan Markus Muhidin menyampaikan hadirnya personel dari kepolisian dapat membuat tenang  jemaat saat menjalankan ibadah Misa Natal nanti.

Pihaknya pun memberikan apresiasi karena Polres Kuningan benar-benar mengupayakan langkah antisipasi agar situasi perayaan Natal tetap kondusif.

"Dari kemarin juga polisi sudah melakukan penjagaan di sini (gereja). Semoga Natal yang kami rayakan ini menjadi berkah bagi semuanya," ujarnya.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023