BCA Syariah menargetkan aksi relokasi cabang Bandung dari Jl Asia Afrika ke lokasi barunya di Jl Ir H Djuanda (Dago), meningkatkan pertumbuhan kinerja keuangan cabang tersebut sekitar 10-12 persen dari posisi saat ini.

Di mana, kata Direktur BCA Syariah Houda Muljanti di Bandung, Senin, hingga Oktober 2023, total aset BCA Syariah di wilayah Bandung tercatat mencapai Rp486,2 miliar yang ditopang oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp446,8 miliar atau meningkat 32,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara, penyaluran pembiayaan mencapai Rp306,6 miliar, dengan komposisi pembiayaan terbesar pada segmen komersial yang mencapai Rp145,5 miliar, UMKM Rp92,1 miliar dan konsumer Rp68,9 miliar.

"Perpindahan ini, selain memberikan fasilitas lebih baik, juga menjadi lebih dekat kepada sektor-sektor ekonomi, harapannya tentunya dengan perekonomian secara nasional akan berkembang dengan baik, mudah-mudahan bisa lebih dari 10-12 persen tumbuh di Bandung," kata Houda.

Di Bandung dan Jawa Barat, Houda menyebut pihaknya akan menggenjot pembiayaan modal kerja, konsumer, sampai investasi emas.

"Secara potensi ini masih banyak yang kita masih bisa garap untuk Jabar dan Bandung khususnya yang merupakan leader dalam industri kreatif," ucapnya.

Houda menerangkan dengan pertumbuhan yang meningkat di Bandung dan Jawa Barat, juga otomatis meningkatkan kinerja keuangan BCA Syariah secara nasional di mana per Oktober 2023, total aset BCA Syariah telah mencapai Rp13,2 triliun atau tumbuh 23,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk penyaluran pembiayaan BCA Syariah tercatat sebesar Rp7,9 triliun tumbuh 8 persen secara tahunan. Sedangkan DPK mencapai Rp9,9 triliun atau meningkat sebesar 31,1 persen secara tahunan.

"Karena Bandung dan Jawa Barat ini merupakan yang terbesar ketiga dari kontribusi setelah Jabodetabek dan Jawa Timur (Surabaya), kemudian Bandung dan setelahnya Jawa Tengah (Semarang)," ucap dia.

Secara layanan yang ditawarkan dengan perpindahan kantor cabang ini, BCA Syariah menawarkan produk dan layanan yang masih sama, antara lain kemudahan transaksi melalui mobile dan internet banking, kemudian produk penghimpunan dana seperti: Tahapan iB, Tahapan Mabrur iB, Tahapan Rencana iB, Giro iB, Deposito iB dan Simpanan Pelajar (SimPel).

Kemudian produk pembiayaan seperti Pembiayaan Rekening Koran Syariah, pembiayaan Modal Kerja iB, dan pembiayaan Investasi iB serta produk pembiayaan konsumtif seperti KPR iB, KKB iB, pembiayaan Emas iB dan pembiayaan Multijasa Umrah, serta setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023