Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiagakan sejumlah personel balai penyelamat wisata tirta (Balawista) untuk mengantisipasi dan melakukan penyelamatan pengunjung wisata air saat musim libur akhir tahun yakni Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Garut.

"Balawista kita latih, sudah kita siapkan, mudah-mudahan semua berjalan lancar," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail saat dihubungi wartawan di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak potensi wisata alam, termasuk di antaranya destinasi wisata air seperti pantai, kolam renang, dan danau yang menjadi perhatian untuk selalu mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung.

Kehadiran Balawista di Garut, kata dia, sebagai langkah kesiapan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik mengantisipasi dan memberikan pertolongan apabila terjadi kecelakaan di air.

Khususnya saat ini musim libur akhir tahun meliputi libur Natal, sekolah, dan pergantian tahun, kata Agus, sudah menjadi perhatian Disparbud Garut maupun pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban di tempat wisata.

"Persiapannya kita lakukan koordinasi ya dengan berbagai elemen, ya termasuk pihak keamanan, TNI, Polri, kemudian juga lintas sektor dan juga pembenahan di objek-objek wisata," katanya.

Ia menyampaikan tidak hanya kesiapan pemerintah dalam menyambut musim libur akhir tahun, tapi juga pengelola objek wisata harus siap memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya selalu menyiapkan peralatan penyelamatan.

Apalagi saat ini, lanjut dia, sudah memasuki musim hujan yang harus menjadi perhatian bagi pengunjung agar selalu hati-hati dan waspada terhadap ancaman bahaya di tempat wisata air seperti pantai, danau, dan sungai.
"Di Garut ini kan banyak wisata alam terbuka ya, pantai gitu, situ (danau), kemudian sungai, nah itu kan sangat rentan akan terjadinya bahaya-bahaya atau potensi kebencanaan," katanya.

Ia berharap kesiapan pemerintah daerah bisa memberikan rasa nyaman dan tenang, sehingga bisa menarik pengunjung untuk berwisata ke Kabupaten Garut saat momentum libur Natal dan Tahun Baru.

Ia juga berharap musim libur tahun ini tidak terjadi hambatan bagi wisatawan untuk datang ke Garut, melainkan sebaliknya tingkat kunjungan wisatawan meningkat dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Menurut dia, destinasi wisata di Garut yang akan ramai dikunjungi di antaranya kawasan wisata pemandian air panas Cipanas Garut, dan juga wisata pantai di selatan Garut.

"Biasanya pantai itu senantiasa menjadi acuan ya, atau tempat tujuan orang untuk menghabiskan akhir tahunnya," kata Agus.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023