Klub Liga 1 Bhayangkara FC resmi memperkenalkan Radja Nainggolan sebagai pemain baru mereka, pada Senin malam.

Mantan pemain AS Roma dan Inter Milan itu didatangkan Bhayangkara dengan status free transfer, sebab terakhir kali Radja diikat kontrak profesional adalah pada Januari 2023 di klub divisi kedua Italia SPAL.
 
“Kita tahu bahwa di putaran pertama Bhayangkara FC sangat kesulitan untuk lepas dari zona merah. Maka di putaran kedua, kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat keluar dari zona merah,” kata Chief Operating Officer Bhayangkara FC Sumardji pada perkenalan Radja sebagai pemain baru Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
“Dengan kehadiran pemain baru tentunya kami berharap akan membawa situasi dan kondisi yang baru, sehingga bisa membawa aura positif untuk klub Bhayangkara FC dan bisa bertahan di Liga 1,” tambahnya.
 
Radja juga menyatakan kegembiraannya dapat turut berjuang di Bhayangkara FC untuk dapat membawa klub tersebut selamat dari ancaman degradasi.
 
Ia menambahkan bahwa bermain di Indonesia juga merupakan pembuktian bahwa karier sepak bolanya belum habis meski kini Radja telah berusia 35 tahun.
 
“Saat berada di sini (Indonesia) sepekan silam, saya telah mengatakan bahwa saya akan senang untuk dapat bermain di Indonesia dan satu-satunya tim yang melakukan pendekatan adalah tim ini, maka itu merupakan pilihan mudah.”
 
“Jika Anda melihat ke klasemen tentu itu tidak mudah, namun seperti yang selalu saya katakan, tidak ada yang mustahil,” tambah mantan pemain timnas Belgia itu.
 
Kontrak Rp 5 miliar
 
Dalam kesempatan itu, Sumardji juga mengungkapkan nilai kontrak Radja untuk berseragam Bhayangkara FC selama setengah musim, yakni sekitar lima miliar rupiah.
 
“Kami sudah mengkomunikasikan dengan sponsor dalam hal ini adalah BNI sehingga nilai yang kami sepakati itu memang boleh dikatakan cukup besar, kurang lebih dalam setengah musim itu lima milyar,” ujar Sumardji.

Pemain baru Bhayangkara FC, Radja Nainggolan, mengatakan dirinya mungkin akan memutuskan pensiun jika tidak direkrut oleh klub berjuluk The Guardian tersebut.

Gelandang yang pernah bermain untuk Cagliari, AS Roma, dan Inter Milan itu didatangkan Bhayangkara FC untuk memperbesar peluang mereka bertahan di Liga 1, setelah menjalani paruh pertama musim dengan menduduki posisi juru kunci di klasemen sementara.

“Saya sudah lama tidak bermain di pertandingan resmi, sejujurnya mungkin jika saya menunggu satu bulan lebih lama, saya bahkan akan mengakhiri karier saya. Namun saya mendapati diri saya masih berada dalam kondisi yang bagus untuk pensiun,” kata Radja pada acara perkenalan dirinya sebagai rekrutan baru Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.
 
Sebagai pesepakbola, Radja telah memasuki usia senior yakni 35 tahun. Namun mantan gelandang timnas Belgia itu masih menyimpan hasrat tinggi untuk memberikan penampilan terbaik bagi klub yang dibelanya.
 
“Menurut saya motivasi untuk bermain sangat besar bagi saya, dan saya berlatih sendirian selama tiga bulan. Tidak mudah untuk berlatih sendirian, ritme pertandingan adalah sesuatu yang tidak saya miliki. Itulah sesuatu yang kembali saya perlukan,” tutur pemain yang menghabiskan sebagian besar karier profesionalnya di Italia itu.
 
Radja secara jujur mengakui bahwa dirinya belum familiar dengan Liga Indonesia, namun ia tahu bahwa sejumlah mantan bintang Eropa seperti Michael Essien dan Marco Motta pernah bermain di Indonesia.
Pemain berdarah Batak itu juga mengatakan bahwa dirinya memilih membela Bhayangkara karena klub itu sangat menginginkan jasa dirinya, dan ia bertekad membawa Bhayangkara selamat dari ancaman degradasi.
 
“Motivasinya semakin besar ketika ada tim yang menginginkan saya pada pekan pertama. Maka saya bukan hanya ingin mengembangkan diri, namun juga memberi sesuatu yang istimewa kepada para pemain lain, karena menurut saya banyak pemain yang akan senang bermain bersama saya,” tutur pemain kelahiran Antwerp, Belgia, itu.
 
 





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bhayangkara FC resmi perkenalkan Radja Nainggolan sebagai pemain baru

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023