Sebuah pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, memanfaatkan area parkir untuk menginstalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap guna mendukung kota yang ramah lingkungan.

“Peresmian solar carport ini merupakan bentuk komitmen Istana Group dalam pengembangan pusat perbelanjaan yang eco-friendly. Kami berharap apa yang diresmikan hari ini dapat menginspirasi pusat perbelanjaan lainnya, khususnya di Kota Bandung, dalam rangka membantu Pemerintah membatasi peningkatan suhu global sesuai komitmen yang dibuat dalam Paris Agreement,” kata Direktur The Plaza IBCC Abrijanto Effendi di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Abrijanto mengatakan pemasangan PLTS atap dengan kapasitas 408,75 kWp yang menggandeng Suryanesia tersebut sekaligus menjadi bukti pusat perbelanjaan dapat menjadi change maker.

“Instalasi yang terpasang di The Plaza IBCC merupakan sistem PLTS solar carport dengan total luas area 1.960 m2. Melalui inovasi solar carport tersebut, panel surya tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan energi bersih, tetapi juga sebagai atap yang meneduhkan area parkir mall sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat,” katanya.

Guna memaksimalkan produksi listrik, lanjut Abrijanto, Suryanesia menggunakan panel surya bifacial pada solar carport agar dapat menyerap sinar matahari dari atas maupun pantulan cahaya dari bawah, sehingga mampu menghasilkan hingga 30% lebih banyak energi dibandingkan panel surya konvensional.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pusat perbelanjaan Bandung sulap area parkir jadi PLTS

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023