Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meluncurkan aplikasi digital 'Bekasi Nyambung Bae' atau Bebunge versi 2.0 sebagai salah satu layanan terintegrasi lintas organisasi perangkat daerah di lingkup wilayah itu.

"Bebunge 2.0 kali ini, mencoba menghimpun berbagai aplikasi layanan digital yang ada di setiap dinas dalam satu wadah yang disebut super apps yaitu Bebunge atau Nyambung Bae," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan Bebunge 2.0 memudahkan pelayanan terhadap masyarakat sebagai aplikasi pelayanan publik yang terintegrasi milik Pemkab Bekasi dengan tujuan mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasi, informasi, hingga menanggapi layanan publik lain.

"Ini salah satu cara dan inovasi agar masyarakat tidak lagi dipusingkan dengan banyaknya aplikasi yang tersebar di setiap dinas. Kini masyarakat cukup pakai satu aplikasi Bebunge saja yang dapat diunduh di smartphone," katanya.

Ia mengaku, saat ini Bebunge telah berjalan efektif dalam layanan aplikasi di Disnaker Kabupaten Bekasi, untuk pendaftaran kartu pencari kerja. Kerja serupa juga diharapkan dapat dioptimalkan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, untuk melayani PPDB daring serta berbagai layanan perangkat daerah lain.

"Saya akan instruksikan di tahun 2024 nanti agar semua perangkat daerah menggabungkan semua layanan digital ke aplikasi Bebunge dan ini bersifat wajib," katanya.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023