Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan optimalisasi lahan untuk mendukung perkembangan sektor pertanian di wilayah Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta.

Kabid Sumber Daya Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Nanan Sunandar, di Purwakarta, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah merealisasikan program optimalisasi lahan di Kampung Cileutik, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru.

Hal tersebut dilakukan dengan membangun bendungan (dam) berukuran lebar 8 meter dan tinggi 2 meter. Bangunan itu membendung aliran Sungai Cileutik.

Selain dam bendung air, Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta juga membangun saluran irigasi yang menembus areal persawahan di kaki Gunung Parang Purwakarta, sepanjang sekitar 430 meter.

Program dalam upaya optimalisasi lahan pertanian ini dikerjakan secara swakelola oleh para anggota kelompok tani dan warga setempat.

"Pembangunannya telah selesai setelah menjalani waktu pengerjaan sekitar satu bulan. Kalau untuk anggarannya berasal dari Kementerian Pertanian tahun 2023, yakni anggaran tugas pembantuan kegiatan optimalisasi lahan kering di Purwakarta," kata Nanan.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023